Selasa, 17 April 2012

Gempa Guncang Kantor, Ini yang Harus Dilakukan


Meski belum diketahui adanya sesar atau sumber gempa di Jakarta, namun sumber-sumber gempa di sekitar Jakarta bisa mengakibatkan guncangan di ibukota.

Karenanya, bagaimanapun, warga Jakarta harus tetap waspada dan tahu apa yang harus dilakukan ketika gempa mengguncang. Pengetahuan akan menyelamatkan nyawa.

Dalam seminar "Mitigasi Gempa dan langkah-langkah Evakuasi di Gedung Bertingkat," pada Selasa (17/4/2012), Hadianto W dari Jakarta Rescue berbagi tips merespons gempa yang mengguncang di kantor atau gedung bertingkat lainnya.

Berikut langkah yang harus dilakukan :

1. Jangan panik. Tetaplah tenang.

2. Jatuhkan diri ke lantai dalam posisi jongkok. Carilah pelindung yang kokoh, bisa berupa meja, kursi atau lainnya.

3. Bila pelindung tak ada, carilah bagian gedung yang kokoh seperti tiang penyangga. Jangan berlindung di tembok berbahan tripleks.

4. Amati situasi sekitar. Jangan hanya karena gempa lantas berbondong-bondong menuruni tangga. Ini justru bisa mengakibatkan kecelakaan.

5. Bila berhasil turun, gunakanlah tangga, bukan tangga berjalan atau lift.

Hadianto menambahkan, agedung bertingkat harus memiliki floor captain dan building commander. Floor captain bertugas memberi instruksi di setiap lantai.

Saat gempa terjadi, floor captain bertanggung jawab pada penghuni gedung di setiap lantai. Sementara, penghuni gedung juga wajib patuh pada instruksi floor captain.

Yang juga penting diingat, jangan sampai pada saat gempa penghuni langsung turun ke lantai dasar jika tempat bekerja jauh di atas. Ini juga malah akan memicu kepanikan dan kecelakaan.

Saat gempa, sudah harus dipersiapkan meeting point, atau titik dimana penghuni berkumpul. Penghuni maksimal turun dua lantai dari tempatnya bekerja, Jadi, jika ada 20 lantai, maka ada 9 meeting point.

Penghuni gedung diharuskan turun secara bertahap, menunggu instruksi dari floor captain dan building commander. Ini dilakukan untuk mencegah crowd.

Menurut Hadianto, saat ini baru 6 gedung di Jakarta yang memiliki floor captain, building commander sereta sistem evakuasi gempa. Diharapkan, lebih banyak lagi gedung yang mengembangkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar